Mengenal Arti, Jenis, Kelebihan Serta Contoh Aplikasi Inovasi Material Sandwich Panel pada Bangunan Infrastruktur

Mengenal Arti, Jenis, Kelebihan Serta Contoh Aplikasi Inovasi Material Sandwich Panel pada Bangunan Infrastruktur

 

Arti Definisi Sandwich Panel

Inovasi material konstruksi ramah lingkungan sangatlah diperlukan untuk mengurangi emisi. Sandwich Panel merupakan inovasi material berkonsep ramah lingkungan. Nama Sandwich Panel sendiri berasal dari bentuk materialnya yang menyerupai sandwich. Sandwich Panel atau dikenal juga dengan nama insulated panel merupakan material komposit yang terdiri atas tiga lapisan, yaitu dua lapisan kulit atau penutup dan satu lapisan tengah yang disebut lapisan inti. Dalam aplikasinya, Sandwich Panel  dapat digunakan sebagai bangunan struktural maupun non struktural. Material komposit ini biasanya digunakan sebagai dinding, atap, ataupun fasad bangunan.

 

Material Sandwich Panel

Media yang digunakan untuk membuat sandwich panel diantaranya:

  • Foam Core
  • Honeycomb Sandwich
  • Web Core Sanwich
  • Truss/Corrugated Core Sandwich

 

Lapisan kulit panel Sandwich Panel umumnya terbuat dari pelat tipis berbahan dasar baja galvanis yang direkatkan pada kedua sisi lapisan insulasi. Material lain seperti PVC, magnesit, juga dapat digunakan.

 

Terdapat beberapa jenis insulasi pada Sandiwch Panel, yaitu:

  • Expanded Poysterene (EPS). Material ini memiliki karakteristik sangat ringan dan juga kertahanan terhadap panas. Harganya tergolong ekonomis. Ukuran ketebalan yang tersedia di pasaran, yaitu 40, 50, 75, 100, 125, 150, 175, 200 mm.
  • Polyurethane (PU). Material ini memiliki konduktivitas panas yang rendah dan juga baik dalam penhematan eneergi serta dapat mencegah kondensasi. Ukuran ketebalan yang tersedia di pasaran dalam ukuran 50, 75, 100, 125, 150 mm.
  • Glasswool Panel. Material ini memiliki karakteristik tahan api dan tidak mengeluarkan gas beracun saat terbakar atau terkena suhu panas yang tinggi.

 

Bahan utama yang digunakan sebagai pelapis untuk Sandwich Panel antara lain:

  • Baja galvanis. Material ini memiliki karakteristik rentan terhadap korosi. Daya tahan struktur berbanding lurus dengan ketebalan lapisan seng.
  • Aluzinc. Material perpaduan antara aluminium dan seng. Material ini dapat memantulkan radiasi ultraviolet.
  • Karton gypsum, Material ini terdiri dari dua lembar karton bangunan dengan inti berupa gypsum.
  • Plastisol. Material plastisin yang termodifikasi dengan polivinil klorida. Material ini tepat digunakan untuk dekorasi interior dan eksterior.
  • Lembaran plastik PVC kaku, polystyrene atau polypropylene. Material yang digunakan untuk membuat sandwich panel
  • Polydifluoronad (PVF2). Senyawa yang terbentuk atas 80% plastisol dan 20% akrilik. Lapisan polydifluoronade dapat melindungi dari efek perubahan suhu, radiasi ultraviolet dan korosi.
  • Polyester. Material ini memiliki karakteristik struktur berserat. Mempunyai toleransi baik bahkan untuk menahan suhu tinggi.

 

Lapisan inti umumnya terbuat dari wol mineral, styrofoam, Polystyrene, dan Polyisocyanurate (PIR). Setiap material memiliki spesifikasi dan karakteristik tersendiri. Sebagai contoh, Polystyrene memiliki karakteristik lebih ringan dibandingkan dengan jenis lainnya, serta harganya yang lebih ekonomis. Namun, styrofoam memiliki kekuatan tahanan yang lebih besar dibandingkan Polystyrene.

 

Sumber: Rajkumars (2018)

 

Kelebihan dan Kekurangan

Sandwich Panel menggunakan bahan yang aman dari zat perusak lapisan ozon. Konstruksi dengan Sandwich Panel juga dilakukan dengan waktu yang relatif singkat dan metode pengerjaan yang mudah. Selain itu, material ini tidak memerlukan finishing sebagai pekerjaan tambahan. Kemudahan dalam pemasangan serta tanpa perlunya finishing dalam konstruksinya membuat biaya pembangunan menjadi lebih hemat.

 

Dari sisi kekuatan, material komposit Sandwich Panel memiliki kemampuan untuk meredam getaran suara serta panas dengan sangat baik. Kelebihan tersebut membuat temperatur dalam bangunan dapat terjaga. Terlebih lagi, mengurangi faktor kebisingan dalam bangunan.

 

Disamping banyaknya kelebihan yang akan didapat, Sandwich Panel  juga memiliki beberapa kelemahan. Sandwich Panel merupakan material yang dapat mengalami susut sehingga berpengaruh pada struktur bangunan. Sandwich Panel juga kurang mampu menahan beban tambahan yang signifikan. Selain itu, material ini rentan terjadi kerusakan pada bingkai dan pengencang di persimpangan panel karena “titik embun” dan kondensat yang melimpah. Di area koneksinya juga sering terjadi pembekuan atau “jembatan dingin” panel karena kurangnya isolasi.

 

Kelebihan

Kekurangan

  • Nilai tinggi isolasi termal.
  • Keamanan ekologis, higienis, bagi manusia.
  • Bahan lebih ringan.
  • Tidak perlu finishing tambahan.
  • Isolasi suara yang tinggi.
  • Potensi penghematan energi.
  • Tidak ada / minimal dampak terhadap reaksi terhadap pengaruh zat kimia agresif atau faktor biologis (jamur).
  • Lebih hemat jika kita bandingkan dengan bata, beton, kayu.
  • Transportasi mudah.
  • Pemasangan mudah dan tidak membutuhkan banyak material tambahan.

 

  • Tidak mampu menahan beban tambahan yang signifikan.
  • Rentan terhadap kerusakan mekanik / goresan.
  • Rentan efek pembekuan pada panel pada komponen penghubung karena kurangnya isolasi.
  • Rentan kerusakan pada bingkai dan komponen pengencang karena kondensat yang melimpah.
  • Rentan terjadi penyusutan papan material pada lembaran polystyrene.

 

Aplikasi Sandwich Panel

Sandwich Panel terdiri atas tiga jenis, yaitu:

  1. Sandwich Panel untuk Dinding. Sandwich Panel dinding merupakan salah satu jenis yang umum digunakan bangunan. Umumnya menggunakan jenis material laposan EPS dan tipe Thermastle Pro. Tebal yang digunakan umumnya 50 – 100 mm.
  2. Sandwich Panel untuk Atap. Sandwich Panel jenis ini umumnya menggunakan material EPS dan tipe Thermadeck Pro. Tbebal yang digunakan umumnya 50 – 100 mm.

 

Dengan kelebihan yang ditawarkan oleh material Sandwich Panel, material ini telah banyak digunakan ada berbagai bangunan di Indonesia. Beberapa contoh aplikasi antara lain gedung perkantoran, gedung rumah sakit (RSUP dan RSUD, perumahan, ruko, rukan, sekolah, universitas, gedung laboratorium, hingga stasiun kereta api MRT dan LRT, salah satunya adalah Stasiun LRT Jabodebek.

 

Sumber : LRT Jabodebek

 

Kesimpulan

Sandwich Panel merupakan teknologi material yang dapat menjadi alternatif pada konstruksi sebuah bangunan. Terbuat dari bahan-bahan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan proyek, membuat Sandwich Panel cukup fleksibel untuk digunakan sebagai material dalam berbagai variasi komponen sebuah bangunan. Material ini juga dapat menjadi solusi alternatif yang tepat dalam mendukung pembangunan yang berorientasi kepada lingkungan yang berkelanjutan. Dewasa ini, Sandwich Panel semakin banyak digunakan dalam berbagai proyek infrastruktur.

 


Referensi

  1. Rodgers, Lucy. (2018). “Perubahan Iklim: Inilah Penghasil Emisi CO2 terbesar yang Mungkin Tak Anda Sadari”. https://www.bbc.com/indonesia/majalah-46591036 diakses pada 15 September 2021.
  2. SandWpanel (2020). Pengertian Sandwich Panel dan Kelebihan untuk Bangunan Konstruksi.
  3. S., Rajkumar. S., Murugan., Ramesh., R Muthuraman., S. (2018). Experimental and Finite-Element Analysis of Tee Joint's Stiffness Characteristics of A3003 Honeycomb Core Sandwich Panels. International Journal of Mechanics and Design Vol.4 (2).
  4. LRT Jabodebek (2019). Teknologi Sandwich Panel Stasiun LRT Jabodebek. Dapat diakses di: https://lrtjabodebek.adhi.co.id/teknologi-sandwich-panel-stasiun-lrt-jabodebek/
  5. Fiqih, E., (2022). Mengenal Lebih Jauh Seputar Sandwich Panel Lengkap Dari Pengertian Hingga Jenisnya!. Berita 99.co.
  6. Sanwa. (2019). Pengaplikasian dan Kegunaan Sandwich Panel untuk Pabrik dan Kantor Modern. Diakses dari : Memahami Pengaplikasian dan Kegunaan Sandwich Panel untuk Pabrik dan Kantor Modern. Sanwa Prefab Technology.
  7. Allen, H.G. (2013). Analysis and design of structural sandwich panels: the commonwealth and international library: structures and solid body mechanics division. Elsevier
  8. Davies, J.M. (1993). Sandwich panels. Thin-walled structures, 16(1–4), 179–198.
  9. Detik. (2021). LRT Jabodebek.

Penulis

SYIDIQ MULYA merupakan salah satu penulis aktif yang saat ini sedang melakukan studi S1 teknik sipil di Institut Teknologi Bandung. Syidiq sangat aktif dalam karya tulis, dan juga pernah memenangkan lomba karya tulis. Salah satunya adalah Syidiq merupakan Juara III Lomba LKTI Tingkat Nasional Universitas Andalas. Syidiq juga merupakan Juara III Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kabupaten Bidang Matematika.


Komentar dan Bagikan

Berikan komentarmu dan atau saran untuk meningkatkan kualitas artikel ini di kolom komentar! Anda juga dapat membagikan artikel ini kepada teman-teman atau kerabat yang sedang mencari informasi terkait melalui link sharing pada judul artikel.


Terima kasih para pembaca DepoBeta!