Tokoh Kokoh Infrastruktur:  Dr Basuki Hadimuljono beserta Konstribusi Infrastruktur di Indonesia

Tokoh Kokoh Infrastruktur: Dr Basuki Hadimuljono beserta Konstribusi Infrastruktur di Indonesia

 

Dalam kabinet Indonesia Maju, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bapak Dr. Ir. M. Basuki Hadimuljono, M.Sc memegang peran kunci dalam mengawal dan melaksanakan berbagai program strategis di bidang infrastruktur dan perumahan. Artikel ini akan mengulas tentang biografi singkat, peran, pencapaian signifikan yang telah dihasilkannya untuk kemajuan sektor infrastruktur di Indonesia.

 

BIOGRAFI SINGKAT BASUKI HADIMULJONO

Dr. Hadimuljono lahir di Surakarta, Jawa Tengah pada 5 November 1954. Beliau anak keempat dari delapan bersaudara. Ayahnya merupakan seorang tentara yang selalu berpindah – pindah tugas. Beliau memulai pendidikannya di SD Xaverius 4 Palembang ketika ayahnya bertugas di Sumatra. Setelah lulus SD, beliau masuk SMP di kota yang sama yaitu Palembang. Namun sebelum lulus SMP di Palembang, beliau pindah ke Papua mengikuti ayahnya bertugas disana dan menyelesaikan sekolahnya di sana.

 

Dr. Hadimuljono kemudian melanjutkan SMA di Papua namun saat belum lulus, beliau pindah ke Surabaya. Disana, beliau menyelesaikan pendidikan SMA nya di SMA Negri 5 Surabaya, Jawa Timur. Kemudian beliau menempuh pendidikan S1 Teknik Geologi di Universitas Gajah Mada Yogyakarta pada tahun 1979. Ia menyempatkan diri untuk menempuh pendidikan S2 Master of Science, Civil Engineering Colorado State University, USA, tahun 1989. Dilanjutkan dengan pendidikan S3 Doctor of Philosophy, Civil Engineering, Colorado State Universiy, USA, tahun 1992.

 

Gambar 1. Foto Dr. Ir. M. Basuki Hadimuljono, M.Sc. (sumber: Suara.com, 2019)

 

PERJALANAN KARIR BASUKI HADIMULJONO

Di Kementrian PUPR, Ia sempat menduduki beberapa jabatan. Sebagai kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian PUPR. Kemudian menduduki posisi Inspektur Jendral Kementrian PUPR dan Direktur Jendral Kementrian Pekerjaan Umum pada 2013 hingga 2014. Prestasi serta pengabdiannya yang bagus dalam Kementrian PUPR membuat Dr. Hadimuljono dinobatkan sebagai pegawai teladan pada saat berusia 41 tahun.

 

KONTRIBUSI INFRASTRUKTUR OLEH BASUKI HADIMULJONO

1. Pelaksana Tugas Kepala Otortias Ibu Kota Nusantara (OIKN)

Dr. Hadimuljono resmi menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), menggantikan Bambang Susantono yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala OIKN.

 

IKN Nusantara berlokasi di Kalimantan Timur. Agenda terdekat di IKN adalah pelaksanaan upacara 17 Agustus 2024.

 

Gambar 1. Keterangan Pers Menteri Sekretaris Negara Pratikno (sumber:Setkab)

 

2. Penanggung Jawab Infrastruktur Asian Games 2018

Penyelenggaraan event olahraga terbesar Asian Games 2018 yang dimulai pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 di Jakarta dan Palembang. Infrastruktur dan venue dipastikan telah siap 100 persen untuk digunakan.

 

Ketua Dewan Oengarah Asian Games 2018, Jusuf Kalla memastikan hal tersebut setelah mendatangi langgung venue Wisma Atlet Kemayoran dan Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta pada jum’at 3 Agustus 2018. Dr. Hadimuljono memastikan bahwa semua venue, baik yang di Jakarta maupun di kawasan Jakabaring Sport City Palembang Sumatra Selatan, hingga termasuk di Jawa Barat dan Banten telah siap 100 persen.

 

Gambar 2. Foto Meninjau Venue Asian Games 2018. (sumber: Propertiterkini.com)

 

3. Pembangunan Jalan Tol Probolinggo

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melanjutkan pembangunan jalan Tol Trans Jawa yang membentang hingga di ujung timur Pulau Jawa yakni Banyuwangi. Pada hari Senin, tanggal 6 Februari 2023 dilaksanakan peletakan batu pertama tertanda dimulainya pembangunan Jalan Tol Probolinggo – Banyuwangi Tahap 1 Gending – Basuki sepanjang 49,7 Km yang di hadiri oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bapak Basuki Hadimuljono bersama gubernur Jawa Timur.

 

Dalam arahannya, Basuki juga berpesan kepada seluruh kontraktor dan konsultan pengawas untuk terus memperhatikan kualitas, estetika dan keberlanjutan lingkungan. Selain itu tidak main – main dengan mutu hasil pekerjaan serta harus menjalankan tugas dengan sebaik – baiknya.

 

Gambar 3. Foto Peletakan Batu Pertama Pembangunan Tol (sumber: BPJT, 2023 dan CakrawalaNews)

 

4. Pembangunan Rumah Perpustakaan Apung

Rumah apung ini megusung konsep bangunan yang ramah lingkungan, mandiri dalam kebutuhan energi, dan tidak mencemari lingkungan. Basuki Hadimuljono meresmikan bangunan berteknologi apung di kawasan Tambaklorok, Semarang, Jawa Tengah.

 

Bangunan apung yang difungsikan sebagai perpustakaan dan balai pertemuan warga Tambaklorok, Semarang, itu merupakan hasil riset Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian PUPR. Teknologi apung yang dikembangkan Balitbang Kementerian PUPR itu dinamai sistem modular wahana apung (Simowa) yang proses pembangunan konstruksinya memerlukan waktu kurang dari satu tahun.

 

Basuki mengatakan pembangunan perpustakaan dan balai warga apung itu merupakan langkah tepat untuk meningkatkan inovasi di bidang infrastruktur dengan berbagai keunggulan yang dimiliki. Apalagi, kata dia, bangunan apung itu memiliki konsep ramah lingkungan, mandiri dalam kebutuhan energi, dan tidak mencemari lingkungan, seperti pemanfaatan tenaga surya untuk energi listrik.

 

Gambar 4. Foto Pembangunan Rumah Perpustakaan Apung (sumber: Suara.com, 2016 dan AntaraNews, 2016)

 

FAKTA UNIK BASUKI HADIMULJONO

Dr. Hadimuljono dikenal memiliki banyak prestasi dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia. Selain itu, beliau dikenal sebagai sosok yang sederhana dan mempunyai keunikan tersendiri. Beliau juga kerap duduk menikmati secangkir kopi di warung kopi sederhana serta terbiasa menginap di hotel biasa walaupun beliau merupakan seorang menteri. Beliau juga merupakan sosok yang pintar memainkan alat musik khususnya drum.

 

KESIMPULAN

Secara keseluruhan, Dr. Ir. M. Basuki Hadimuljono, M.Sc adalah sosok yang memiliki dedikasi tinggi dalam memajukan sektor infrastruktur di Indonesia. Dengan kualitas kepemimpinan dan integritasnya, beliau telah membawa dampak positif yang besar bagi pembangunan infrastruktur dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

 


REFERENSI

  1. Kementerian PUPR (Fahri Zulfikar:2023) https://pu.go.id/profile-pejabat/dr-ir-m-basuki-hadimuljono-msc
  2. Biografiku (Nurdyansa:2019) https://www.biografiku.com/biografi-basuki-hadimuljono/
  3. Liputan6 (Arthur Gideon:2019) https://www.liputan6.com/bisnis/read/4090781/profil-basuki-hadimuljono-menteri-pupr-andalan-jokowi?page=2
  4. Badan Pengatur Jalan Tol (Beritaumum:2023) https://bpjt.pu.go.id/berita/pembangunan-jalan-tol-probolinggo-banyuwangi-tahap-1-lengkapi-jaringan-tol-trans-jawa
  5. Suara Media (Aditya Himawan:2016) https://www.suara.com/bisnis/2016/10/22/165617/bulan-depan-warga-semarang-bisa-nikmati-rumah-perpustakaan-apung
  6. Properti Terkini (Patrisia:2018) https://propertiterkini.com/infrastruktur-dan-venue-rampung-asian-games-2018-siap-digelar/
  7. Solopos.com (Adhik Kurniawan:2022) https://jateng.solopos.com/nasib-rumah-baca-apung-di-tambaklorok-semarang-yang-kini-terabaikan-1413924

BIOGRAFI PENULIS

Zulfa Amalia merupakan penulis aktif yang memiliki pengalaman lebih dari empat tahun. Zulfa merupakan alumni Universitas Gunadarma.


KOMENTAR & BAGIKAN

Berikan komentarmu dan atau saran untuk meningkatkan kualitas artikel ini di kolom komentar! Anda juga dapat membagikan artikel ini kepada teman-teman atau kerabat yang sedang mencari informasi terkait melalui link sharing pada judul artikel.


Terima kasih telah membaca Beta Infrastructure Review